Sabtu, 22 Desember 2007

Be EARTH Heroes


Kita nggak harus jadi anggota green peace kalau mau ikut serta menyelamatkan dunia. Dari hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan di kehidupan kita sehari-hari pun, kita sudah bisa menjadi pahlawan buat bumi sekarang. Naah, dari hal-hal di bawah ini, mana yang sudah kamu kerjakan hari ini dalam rangka menyelamatkan bumi?

1. Selesai memakai toilet, perhatikan tombol pembilas berukutan kecil dan besar. Dengan menyesuaikan jumlah air yang di buang sesuai kebutuhan, kita pun bisa lebih berhemat.

2. Bila toilet kita di lengkapi dengan gagang pembilas, lihat posisi gagang itu. Bila dalam posisi berdiri atau terbalik, kembalikan pada posisi semula. Agar air tidak mengucur terus.

3. Mandi dengan pancuran, lebih hemat lho daripada barendam. Jika mandi dengan pancuran, itu sama dengan 3 galon air per menit. Sedangkan berendam, itu bisa menhabiskan 36 galon untuk sekali berendam.

4. Menetapkan 1 hari khusus mencuci di rumah. Sehingga kita tidak harus mencuci setiap hari. Karena tiap kita mencuci, 32-59 galon air bisa terbuang, lho…

5. Mengganti tempat makan siang dari kertas/platik dengan kotak makan siang atau lunch-box yang bisa di pakai berulang kali. Soalnya untuk membuang paper-bag saja di butuhkan 1 batang pohon dan sampah plastik susah sekali di daur ulang.

6. Menutup kran air atau wastafel agar tak mengalir selagi kita gosok gigi. Buka lagi saat kita ingin membilas. Kebiasaan sederhana ini bisa menghemat 5 galon air setiap harinya.

7. Saat belanja permen atau makanan ringan di kantin sekolah atau supermarket, tolah kantong plastikyang di berikan pelayan. Masukkan saja ke dalam tasmu. Tahu gak? Kantong plastik supermarket dalam setahun bisa mencapai 3 milyar lembar dan plastik dalam jumlah ini bisa membungkus bulan hingga dua kali, lho!

8. Mematikan monotor komputer kita apabila kiat mau meninggalkannya walaupun cuma sebentar. Tindakan yang berkesan gak penting ini, bisa menghemat listrik sampai 15 % dari pada mengaktifkan screen savers.

9. Memasang temperatur AC pada titik 25,5’C di malam hari pas mau tidur dan ubah sistemnya ke ‘low cool’ dengan demikian kita sudah menhemat energi listrik sebesar 10%.

10. nggak lupa mencabut alat charger baterai, apabila kita sudah selesai mengisi ulang. Bila masih tertancap, berarti masih di aliri energi listrik yang terbuang percuma.

1 komentar:

RONNY NUGROHO mengatakan...

Nah klo ma artikel kamu yg ini, aq se7, soalnya aq g mau ma yg kotor2.

Tapi kayaknya ada yg kurang tuh ...
- Pakailah lampu tidur yg watt-nya kecil. Disamping untuk menghemat listrik, juga menyehatkan mata kita lhooo, karena mata kita bisa bener-2 istirahat klo lampunya redup ...

Sekedar tanya nih ..., ini km sendiri udah ngelakuin belum ???

Ronny